Minggu, 21 Februari 2010

MENGAJARKAN INTERNET TANPA KONEKSI INTERNET

Tulisan berikut mudah – mudahan dapat membantu sekolah – sekolah yang belum dapat mengakses internet tetapi terkendala belum ada fasilitas internet. Tidak semua sekolah dan guru memiliki koneksi internet sendiri. Tidak semua sekolah dan guru memiliki pengetahuan bagaimana keberadaan internet bisa menjadi bermanfaat untuk proses belajar. Kebetulan fasilitas internet di MAN Tengaran belum dapat terpenuhi karena kendala teknis. Untuk itu perlu solusi lain agar pembelajaran mengenai internet khususnya untuk kelas XI semester 1 dapat berjalan.

Alhamdullilah, semua komputer di MAN Tengaran sudah terkoneksi baik lewat kabel dan nirkabel dan sejak 2007 telah mengandalkan software opensource. Jaringan TIK di MAN Tengaran mengandalkan :

  1. Ubuntu
  2. Mandriva 2009.1
  3. Opensuse
  4. Sebuah MailServer, dibangun dengan Zimbra di atas Ubuntu 8.04
  5. Sebuah server berbagi musik dan video dibangun dengan ubuntu server 9.04 dan CMS PHPMotion
  6. Sebuah Server untuk web, chat, dan DNS. Web server menggunakan XAMPP. Chat menggunakan ngircd, dan DNS menggunakan bind
  7. Komputer siswa yang diinstall web server (XAMPP for linux) untuk hosting situs yang dibuat siswa. CMS yang digunakan Drupal (web madrasah), Joomla (osis), Wordpress (siswa dan guru), serta cmscout (pramuka)
  8. Akses point

Dengan langkah ini, kami dapat mengajarkan internet tanpa koneksi internet walaupun hanya lewat jaringan lokal saja. Selain itu cara ini termasuk aman karena jaringan lokal menurut kami, jauh lebih bermanfaat - ditinjau dari banyak segi - daripada menjadikan sekolah "hanya" sekedar terhubung dengan internet. Tapi tantangannya tidaklah ringan, mulai dari fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, hingga kemauan dan kemampuan belajar guru. Keuntungan lain siswa gemar menulis konten disitusnya masing -masing.


Demikian, mohon saran dan kritik.

17 komentar:

  1. Nikmati saja ya............

    BalasHapus
  2. syukuri apa yang ada,,

    BalasHapus
  3. kita harus bersukur karena di MAN Tengaran sudah ada pelajaran tentang internet.

    BalasHapus
  4. ehm....ea bener cieh mengajarkan internet tanpa internet memang sulit dan tetap belum canggih tapi setara dengan SPP yg dibayar siswa,,,,, makane siswa wajib menyadari kekurangan ini yaitu tidak ada internet saat pelajaran tentang internet,, but kita tetep harus berusaha ea spt kta bu.wati tetep ikhtiyar

    BalasHapus
  5. menurut kami,fasilitas internet di man tengaran sudah cukup memadai,oleh karena itu kami harus berbangga diri telah menjadi siswa man tengaran.

    BalasHapus
  6. fasilitas internet dimantengaran sangat membantu menunjang kegiatan belajar mengajar khususnya pelajaran tik (pokoknya mantengaran is the best)

    BalasHapus
  7. mari bersyukur atas apa yang telah kita peroleh......amien

    BalasHapus
  8. fasilitasnya memang kurang memadai,dan lola banget ngakses internetnya,meskipun murid2 nya mayoritas jg gak rutin bayar tp mungkin kan ada bantuan dari pemerintah?supaya sekolahan lebih maju dan lebih banyak yang sekolah disini,jadi fasilitasnya harap diperbaiki lagi dan memenuhi standar pendidikan nasional.ok???

    BalasHapus
  9. parni N qomariyah28 Maret 2010 pukul 21.43

    saya berharap pengembangan jaringan internet disekolah ini lebih dimajukan lagi,,,

    BalasHapus
  10. internetnya masih lola (bisa ditinggal tidur) tapi alhamdulillah masih bisa internetan daripada tidak sama sekali,dan kalau bisa ya yang lebih baik.meskipun siswanya ada yang tidak rutin membayar tapi pihak sekolah juga harus berusaha untuk lebih baik

    BalasHapus
  11. sukses buat Pak Han !!!
    moga ke depannya MAN Tengaran menjadi lebih baik
    mendidik siswa manteng agar g` gaptek dan bisa mengikuti zaman yang semakin modern ini.
    "MENGAJARKAN INTERNET TANPA KONEKSI INTERNET"
    sabar aja pak !!!
    GOOD LUCK

    BalasHapus
  12. layanan internet ini sangat membantu dan bagiku man tengaran sangat membanggakan,maka banggalah sekolah di man tengaran

    BalasHapus
  13. fasiliyas internet di MAN Tengaran sangat membantu saya untuk lebih mengenal internel.thanks MAN.......

    BalasHapus
  14. yang penting tetep ikhtiyar,,,,

    BalasHapus
  15. pak! kok Loadingnya LamaaaaaaaAAAAAAAAAaAaAAaaa banget!?
    sebenarnya sudah bagus benget! tapi,seandainya saja memang di MAN ini diberi fasilitas koneksi internet,pasti akan jauh lebih bagus lagi!!

    BalasHapus
  16. SaaaaaaaaaaaAAAAAAAAAAAaaaaaaaaBaaaaaarrrrrrrr!!!!!!!!!
    biarpun lola,saya te2p bersyukur!
    ucap ALHAMDULILLAHIRABBIL'ALAMIN

    BalasHapus