Jumat, 26 Juni 2009

Windows XP di Desktop Linux


Urusan bermigrasi bermigrasi dari Windows XP ke Linux akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan desktop yang mirip atau serupa di Linux. Salah satu distro yang dapat memenuhi hal ini adalah OmniaXP.

Salah satu kendala yang kerap dikeluhkan user saat beralih ke Linux adalah adaptasi user terhadap tampilan desktop yang terdapat di Linux. Meski secara tampilan dan penggunaan tidak terlalu susah, namun kerap kali user yang baru akan beralih ke Linux mengeluhkan perbedaan penggunaan desktop Linux dan desktop Windows XP.

Untuk menangani permasalahan ini, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menginstalasikan distro OmniaXP, distro berbasis Debian Lenny yang memiliki tampilan desktop ala Windows XP, plus desktop yang ringan dan tidak terlalu membutuhkan resource yang tinggi.

Salah satu kekurangan yang paling terasa pada distro ini adalah masih sedikitnya aplikasi yang disertakan secara default. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan repositori Debian Lenny dan menginstalasikan paket aplikasi yang Anda inginkan.

dikutip dari supriyanto@infolinux.co.id, Majalah InfoLinux edisi Juni 2009

Iso OmniaXP dapat didownload pada Situs OmniaXP http://omnia.guinux.com.br. Tetapi lebih mudah bila Anda beli saja majalah InfoLinux edisi Juni 2009. Pada majalah terdapat iso dan aplikasi tambahan serta cara instalasi dengan panduan gambar. Tambahan, saya coba livecd OmniaXP di komputer Dualcore MB Biostar chipset NVidia tidak bisa, tetapi sukses di komputer PIV motheboard Asus, VGA Intel, RAM 256. Oke, Selamat bermigrasi.

7 komentar:

  1. pak hanafi? wah....
    nie murid njenengan pak? hehe... angkatan tahun 2006?
    kok berhenti di bulan juli pak? gak di update lagi? hehe

    BalasHapus
  2. sibuk, ..........
    ngomong - ngomong siapa nih?

    BalasHapus
  3. betul pak..
    kita kalo dah terbiasa dengan windows emang susah, tapi kenapa ga pake yang linux dengan desktop KDE kan agak mirip dengan windows, tp kalo kita emang terpaksa harus instal windows kita bisa pake virtual machine yang bisa instal windows di desktop linux, atau kalo sekedar instal aplikasinya kita bisa pake emulator.
    Salam.....sukses terus buat opensource....

    BalasHapus
  4. adanya internet ini sangat baik untuk siswa MAN Tengaran tapiiiiii kok LOLA yaw

    BalasHapus
  5. MAJU TERUS MAN TENGARAN.AGAR MAN TENGARAN MENJADIN INSPIRASI SEKOLAH LAIN .MAJU, MAJU ,MAJU & MAJU.

    BalasHapus
  6. assalamualaikum pak han mnrt q manteng dah lmayan ckup bgzlh.....n salut bwt pak han cozx bs bwt lyanan intrnt pdhl srna xla di pkir2 blm lengkp.....

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah sekarang MAN TENGARAN mengalami kemajuan karena telah ada layanan internet nya juga,walaupun LOLA ,tapi saya tetap senang karena kita bisa mencari informasi dari layanan internet MAN TENGARAN yang kita perlukan...........

    BalasHapus